Minggu, 26 Januari 2014

Konfigurasi dasar mikrotik menggunakan virtual box




Baiklah teman-teman sekalian sekarang kita akan melakukan konfigurasi dasar virtual box.
Pada bagian konfigurasi ini masih berlanjud dari postingan saya mengenai instal mikrotik pada virtual box. Jadi setelah kita menginstal mikrotik maka akan muncul  gMBr seperti berikut:
1.   Virtual box



2.     Setelah itu anda akan masuk di layar terminal sebagai berikut, kemudian tekan Ctrl+a. untuk menandai semua untuk melakukan penginstalan  lalu tekan y untuk ya. Jika selesai tekan enter untuk merestart. 


3.    Setelah itu pada tab di atas pilih device> cd/dvd device lalu hilangkan centang pada mikrotik 5.25 iso. Lalu pilih force unmount.


4.    Setelah itu jalankan kembali. Pilih start. Lalu “y”. kemudian login dengan username admin dan password di kosongkan saja lalu enter. Kemudian akan tampil seperti berikut. 


5.    Kemudian tekan enter dan tulis “interface print”.untuk melihat interface yang ada. 


6.    Sekarang kita akan berikan ip pada ether 1. Caranya ketik ip address lalu enter. Kemudian beri address: 192.168. 56.2/24 dan interface pada ether 1. Kemudian enter. Jika kita ingin melihat apakan alamat yang kita berikan telah masuk, maka sama seperti di no 5. Kita ketik interface print. 


7.    Setelah itu keluar. Lalu pilih tab setting di samping tab start. Kemudian pilih network> pada NAT di klik dan ganti menjadi host only adapter.lalu OK. 




8.    Setelah itu kita buka CMD. Dan ketik ping 192.168.58.2. jika berhasil konek akan masuk akan seperti berikut. 


9.    Setelah itu buka aplikasi winbox anda, namun jalankan terlebih dahulu mikrotik anda pada virtual box. Setelah itu pada winbox klik connect. 


10. Setelah masuk di winbox. Sekarang kita akan masuk pada browser. Caranya buka browser apa saja. Saya menggunakan mozila. Lalu pada address ketik “192.168.56.2” . maka akan muncul tampilan winbox seperti berikut :



11. Sekian tutorian konfigurasi mikrotik pada virtual box. Untuk selanjudnya kita akan lanjudkan pada postingan saya yang selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar