Minggu, 26 Januari 2014

KONFIGURASI DASAR MIKROTIK



mikrotik adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang digunakan sebagai router, kali ini kategoriTerbatas akan membahas bagaimana cara setting mikrotik dengan winbox. Winbox adalah salah satu utility bawaan mikrotik yang bisa gunakan untuk mengkakses perangkat Router Board atau router mikrotik lainnya. Selain menggunakan winbox anda bisa mengakses mikrotik dengan webbased.

Hal yang pertama untuk setting mikrotik menggunakan winbox adalah dengan menyiapkan aplikasi winbox silahkan download aplikasi winbox di sini. Kali ini KategoriTerbatas akan mencoba setting ip address menggunakan winbox pada mikrotik. Langkahnya sebagai berikut ;
Setting awal winbox untuk menghubungkan komputer dengan winbox
  1. Pertama untuk setting mikrotik dengan winbox adalah menghubungkan komputer / laptop dengan ethernet RB anda misalnya pada ether1 menggunakan kabel utp.
  2. Buka aplikasi winbox isi dengan ipaddress mikrotik anda, jika sebelumnya anda belum pernah mengganti ip address pada mikrotik maka secara default ip address yang digunakan 192.168.88.1 ini adalah ip standar mikrotik pada routerboard.
  3. Pada winbox dengan username (username default : admin)
  4. Pada winbox dengan password (password default :kosong)
  5. Selanjutnya tekan connect untuk menghubungkan laptop dengan mikrotik dan tampilan winbox akan terbuka.
Langkah setting Ip address mikrotik dengan winbox
  1. Pada menu winbox sebelah kiri tekan IP -> addresss, maka menu address list akan terbuka
  2. Untuk menambahkan ip address pada mikrotik tekan tanda + (plus) pada bagian atas menu maka menu New Address akan terbuka.
  3. Pada kolom ip address isi dengan ip address baru, network dan interfacenya ikuti contoh berikut, saya menggunakan ip address 192.168.1.1/24 maka networknya 255.255.255.0 pada interface ether1. Silahkan menyesuaikan dengan konfigurasi network anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar